Membangun SDM Berkelanjutan FISIP Terlibat Dalam Seminar Nasional Tanggal Post: 24 Agustus 2018 Oleh: Admin

KENDARI- Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) mengadakan seminar nasional hasil penelitian dan pengabdian masyarakat bertemakan Membangun Sumberdaya Manusia yang Berkelanjutan pada, Rabu (15/8) di Hotel Zahra Kendari.

Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Musadar Mappasomba, mengatakan, seminar bertujuan untuk memberikan wawasan dan sugesti kepada dosen lingkup UMK agar semakin inovatif dalam melakukan penelitian.

Seminar ini akan dilanjutkan dengan presentasi tenaga pendidik terkait makalah yang dimiliki, baik itu makalah penelitian maupun makalah pengabdian pada masyarakat, ungkapnya ditemui usai pembukaan seminar nasional.

Dia, menambahkan, produktivitas meneliti oleh tenaga edukatif merupakan tuntutan sebagai seorang dosen. Dimana, seorang dosen di tuntut untuk bisa melakukan penelitian.
Tidak boleh tidak dalam melakukan penelitian-penelitian karena semangat ini yang kami inginkan dalam seminar ini agar kawan-kawan dosen juga tercerahkan dalam melakukan penelitian, katanya.

Musadar, menuturkan, sejauh ini sudah banyak dosen lingkup UMK yang melakukan penelitian, untuk itu pada seminar nasional ini pihaknya membuka forum presentasi.
Diharapkan, masih dia, pelaksanaan seminar tersebut dapat meningkatkan kapasitas dosen UMK maupun seluruh tenaga dosen yang ada di Sulawesi Tenggara untuk melakukan penelitian.

Seminar nasional yang dilaksanakan selama satu hari tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Muhammadiyah Kendari, Muhammad Nur, dalam sambutannya ia mengungkapkan, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) tidak lepas dari tiga aspek utama. Yaitu, aspek kesejahteraan hidup, pendidikan, dan usia harapan hidup. 
Jadi jika ingin membangun SDM maka tiga aspek itulah yang wajib diperbaiki. Hal tersebut perlu menjadi perhatian, mengingat IPM Indonesia masih tertinggal jauh dibanding negara lainnya, katanya.

Untuk diketahui, pembicara yang hadir dalam seminar itu yakni Guru besar FPIK Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset Dr. Ir. Mustangimah, M.Sc, Reviewer Penelitian Nasional Prof. Muh. Nurdin, M,Si, dan Guru Besar UMK Prof. Dr. Abdullah Alhadza, MA.