Visi Misi dan Tujuan

Visi

“Pada tahun 2022 menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang unggul di Sulawesi Tenggara dalam pengembangan ilmu sosial dan ilmu politik yang inovatif, kritis, kompetitif dan berwawasan global serta berakhlaqul karimah”

 

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, FISIP UMK menerapkan serangkaian upaya yang tertuang di dalam misi pengembangan berikut ini:

  1. Menciptakan suasana akademik dalam melaksanakan proses pembelajaran yang mensinergikan antara aspek teoretis dan empiris serta aspek moral dan akhlaqul karimah.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menjawab permasalahan sosial dan politik yang semakin kompleks.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
  4. Meningkatkan kualitas luaran melalui sistem pelayanan kepada mahasiswa secara tertib dan lancar berdasarkan suasana akademik yang senantiasa menjunjung  tinggi prinsip objektivitas, rasionalitas, moralitas dan akhlaqul karimah.
  5. Melakukan kerjasama dengan stakeholder dalam rangka pengembangan Sivitas UMK

 

Tujuan

Sesuai dengan Visi dan Misi yang ditetapkan, maka penyelenggaraan Caturdharma Perguruan Tinggi FISIP UMK memiliki tujuan menghasilkan luaran/sarjana berkualitas dengan kemampuan berikut

  1. Memiliki standar kompetensi akademik yang terintegrasi dengan nilai-nilai moral dan akhlaqulkarimah dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Memiliki kemampuan meneliti, menganalisis, dan merumuskan solusi yang timbul dalam kehidupan sosial dan politik terutama yang terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
  3. Memiliki kemampuan mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kemitraan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
  4. Memiliki tanggungjawab dan kepekaan sosial, moral dan akhlaqulkarimah serta adaptif kreatif terhadap persoalan politik dan kemasyarakatan.
  5. Mampu bekerjasama dan bermitra dengan berbagai pihak, baik di lembaga pemerintahan maupun lembaga dalam masyarakat.